RADIUS ISP Billing System

1. Gambaran mengenai RADIUS

 RADIUS, Atau Remote Authentication Dial-In User Service merupakan sebuah protocol yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan Authentication (pembuktian keaslian), Authorize (otoritas/pemberian hak) dan Accounting (akutansi) (AAA) untuk meremote para pengguna atau user yang ingin mengakses suatu sistem atau layanan dari pusat server jaringan komputer.

Anda mungkin telah mendapatkan pengalaman dalam hal Authentication, misalnya saja Anda menggunakan account internet dial up untuk masuk dan melakukan browsing untuk mendapatkan informasi mengenai berita-berita terkini. Selain itu, anda mengecek email perusahaan untuk melihat email-email yang telah dikirim oleh client-client anda. Dan akhir pekan ini, mungkin saja anda menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk menghubungkan ke jaringan kantor perusahaan sehingga bisa memonitoring kondisi jaringan client perusahaan anda. Agar anda bisa menggunakan VPN dan account internet dial up maka anda harus melakukan authentication terlebih dahulu.

 

Tetapi apa yang terjadi dibelakang layar ketika anda melakukan authentication pada komputer?. Komputer harus mempunyai satu set protocol dan proses untuk memverifikasi authentication yang telah anda lakukan. Salah satu protocol yang mampu mengerjakan proses authentication tersebut adalah RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service)

 

RADIUS, mula-mula dikembangkan oleh perusahan Livingston, merupakan sebuah protocol access-control yang memverifikasi dan yang melakukan authentication para pengguna berdasarkan metoda yang umum digunakan. RADIUS umumnya digunakan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet untuk melakukan authentication (pembuktian keaslian pengguna), Authorize (mengatur pemberian hak/otoritas) dan Accounting (mencatat penggunaan layanan yang digunakan).

 

2. Gambaran mengenai AAA

 

Kerangka kerja RADIUS yang dibangun dikenal dengan proses AAA, yang terdiri dari Authentication (pembuktian keaslian), Authorize (pemberian hak/otoritas) dan Accounting (akuntansi). Service model ini untuk mengatur dan melaporkan semua transaksi dari mulai awal menggunakan sampai selesai menggunakan.

 

Mari kita perhatikan kenapa arsitektur AAA adalah strategi yang lebih baik dari pada yang lain. Sebelum AAA diperkenalkan, peralatan individu telah digunakan untuk melakukan authentication para penggunanya. Tanpa standar yang formal, masing-masing mesin mempunyai metode authentikasi yang berbeda-mungkin saja menggunakan profile, sementara yang lain mungkin saja menggunakan authentikasi CHAP (Challenge/Handshake Authentication Protocol). Dan yang lainnya mungkin saja menggunakan Query database internal dengan SQL. Masalah utama dengan menggunakan model tidak beraturan seperti ini adalah salah satunya skalabilitas.

 

Kelompok kerja AAA dibentuk oleh IETF untuk menciptakan arsitektur yang fungsional yang akan memetakan keterbatasan dari sistem yang digambarkan diatas. Sesungguhnya, ada kebutuhan untuk memusatkan peralatan dan monitoring penggunaan pada jaringan komputer yang beragam. ISP-ISP mulai menawarkan tidak hanya standar dial up, akan tetapi mulai menawarkan ISDN, xDSL, dan koneksi menggunakan kabel modem. Oleh karena itu dibutuhkan suatu cara yang standar dimana bisa memverifikasi para pengguna, masuk ke suatu system dan dimonitoring melalui jaringan. Karena kebutuhan tersebut dan melalui sebuah proses maka arsitektur AAA di lahirkan.

 

Model AAA focus terhadap tiga aspek yang paling krusial dari control akses pengguna yaitu Authentikasi, Authorisasi dan Akuntansi.

 

  1. Authentication

Authentication merupakan suatu proses untuk memverifikasi identitasi yang digunakan oleh pengguna (atau mesin) untuk masuk kedalam suatu sistem atau service, menggunakan kombinasi dari ID dan password, dan seperti yang kita ketahui bahwa password mewakili bagaimana Anda di verifikasi. Jika sampai password tersebut dapat diketahui oleh orang lain, maka hal tersebut akan menghancurkan metode authentication dimana seseorang yang tidak berhak dapat masuk kedalam suatu sistem. Dalam situs e-commerce dan situs-situs internet bisnis lainnya, membutuhkan authenticator yang lebih kuat dan lebih dapat dipercaya. Sertifikasi secara digital merupakan salah satu solusinya, dan mungkin 5 sampai 10 tahun mendatang sertifikasi secara digital akan menjadi bagian dari Public Key infrastructure (PKI) yang akan menjadi rekomendasi authenticator di internet.

 

  1. Authorization (Otorisasi)

Authorization meliputi penggunaan aturan yang memutuskan apa yang dapat dilakukan oleh pengguna yang telah di authentikasi dalam suatu sistem. Sebagai contoh, dalam kasus ISP, ISP memutuskan apakah akan memberikan alamat IP (internet protocol) Static atau alamat IP dari hasil DHCP. Seorang sistem administrator yang harus mendefinisikan peraturan ini.

 

  1. Accounting (Akutansi)

Accounting merupakan bagian akhir dari kerangka kerja AAA, accounting dapat mengukur dan mencatat sumber daya yang telah digunakan, termasuk jumlah waktu atau jumlah data yang dikirim dan atau diterima selama pelanggan tersebut memanfaatkan sumber daya tersebut.

 

Sistem Accounting terselenggara oleh pembukuan statistik sesi dan penggunaan informasi serta digunakan untuk kegiatan kendali pemberian hak (otoritas), billing, analisa trend (kecenderungan), pemanfaatan sumber daya dan rencana kapasitas.

 

Data accounting mempunyai beberapa manfaat diantaranya :

1. seorang administrator dapat menganalisa kesuksesan setiap permintaan dan memprediksi kebutuhan sistem kedepannya.

2. Seorang analis keamanan (security) dapat melihat setiap permintaan yang ditolak, dapat melihat pola yang sering muncul yang memungkinkan serangan dari hacker dan freeloader.

3. Seorang pengusaha dapat menjajaki waktu yang dibelanjakan atas service tertentu dan biaya yang harus dikeluarkan.

4. Dan masih banyak kegunaan lainnya.

About ngengeh

Nama gw ndry

Posted on February 21, 2008, in Belajar. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: